Beberapa bulan yang lalu gara gara membaca Twit @AHMADDHANIPRAST tentang History Of Java karya Sir Stamford Raffles pada tahun 1817. Tiba tiba saya merasa penasaran dengan isi buku tersebut. Tertarik karena itu menyangkut tentang diri saya, Jawa. Bukankah History of Java itu artinya Sejarah Jawa. Berarti termasuk sejarah bangsa leluhur saya sebagai masyarakat Jawa. Maka mulailah saya browsing melalui google. Dengan berbagai kata kunci, mulai dari The History Of Java Raffles sampai jual buku the History Of Java. Di Amazon.Com tersedia versi bahasa Inggris, begitu juga di Facebook ada seorang teman yang menawarkan buku tersebut tapi dalam bahasa Inggris. Tapi tentu saja yang saya cari adalah buku The History Of Java yang sudah diterjemahkan oleh Penerbit Narasi. Selama beberapa hari melakukan browsing saya lebih sering menemui review atau ulasan tentang buku tersebut. Sebagian besar merupakan review positif. Dan konon buku tersebut adalah buku yang cukup lengkap mengulas tentang kehidupan orang jawa pada abad 17-18 Masehi.

Kemudian saya menemukan beberapa toko buku online yang menjual buku tersebut. Ada dua toko buku online yang menjual buku tersebut. Kemudian saya memilih salah satu yang lebih murah. Akhirnya saya transfer, tapi ternyata stok dari penerbitnya sendiri kosong. Lalu ke toko buku online yang kedua, juga mengalami kasus yang sama. Stok dari penerbit kosong juga. Saya juga mencoba menghubungi penerbit Narasi melalui email akan tetapi tidak ada respon. Yaah, mungkin memang benar stoknya sedang kosong.Akhirnya saya mencoba mencari di Perpustakaan daerah Kab.Grobogan di Jl, Jendral Sudirman, Purwodadi. Ternyata buku The History Of Java tersedia, akan tetapi tidak boleh dipinjam hanya bisa dibaca di ruang perpustakaan, ini karena buku tersebut termasuk buku referensi. Beberapa hari saya datang ke Perpustakaan tersebut untuk membaca. Namun karena agak jauh dari rumah saya, akhirnya saya hanya sempat membaca bagian-bagian awal buku tersebut.Sampai hari ini, saya belum berhasil membeli buku The History Of Java, bahkan di Gramedia juga tidak tersedia. Jadi barangkali ada yang memiliki informasi di mana tempat membeli buku karya Raffles tersebut silahkan menghubungi saya. terimakasih