Kemarin saya memang telah menulis tentang Kopdar 1000 Blogger Nusantara Bagian 1. Tapi barangkali sampai beberapa hari ke depan, postingan blog saya ini hanya akan berisi tentang betapa luar biasanya acara yang bernama Kopdar 1000 Blogger Nusantara. Tepuk tangan buat panitia yang sukses menggelar acara tersebut. Para Sponsor. Dan Para peserta. Ada banyak hal mengapa saya katakan acara tersebut luar biasa.. Antara lain, dari nama acaranya. Saat pertama kali membaca nama acara tersebut, terus terang saya ragu, benarkah akan hadir 1000 blogger. Karena berdasarkan pengalaman saya mengikuti berbagai acara tentang internet,hanya ada segelintir orang yang akan hadir. Jangankan 1000, 100 peserta saja sudah cukup bagus. Jadi ada 1000 blogger berkumpul itu sesuatu yang luar biasa, meski hanya sebuah nama acara.
Pada awalnya,jujur saya sendiri agak kurang berminat dengan acara kopdar 1000 Blogger ini. Kenapa tidak berminat?. Sesungguhnya saya adalah penganut ajaran blogger matre. Sementara dari web resmi bloggernusantara saya tidak menemukan kata kata seperti, Bagaimana memonetize sebuah blog, bagaimana menghasilkan uang dari blog, atau Bagaimana cara meningkatkan earning adsense dan lain lain. Ini bukan acara yang saya inginkan. Dan lagi para penyelenggara di acara tersebut bukanlah orang orang yang cukup terkenal di dunia maya (menurut saya). Jadi menurut saya, acara tersebut tidak menarik.
Dan saya harus berterimakasih kepada seorang teman baru, yang sebelumnya belum pernah saya kenal. Karena berkat kegigihannya akhirnya saya bisa menghadiri acara tersebut. Ya, akhirnya saya hadir ke Sidoarjo.


Blogger Idealis
Acara dimulai pada tanggal 28 oktober – 30 Oktober 2011 di Sun City Sidoarjo, Jawa Timur. Di hari pertama penyelenggaraan acara tersebut, saya belum menemukan apa yang saya cari. Baru ketika hari kedua saya menemukannya. Lalu apa yang saya cari sebenarnya?. Saya menemukan perbedaan antara blogger Matre dengan blogger yang ngeblog demi idealisme. Ada perbedaan mendasar di antara keduanya. Perbedaannya adalah blog/ website yang dibuat blogger matre sangat tergantung dengan pihak lain yaitu pemilik bisnis. Kami cenderung mengikuti keinginan Adsense, Amazon, clickbank dan lain-lain. Sementara Blogger idealis memanfaatkan blog untuk mengembangkan hobinya, menyalurkan idenya secara bebas. mereka mengelola blog sesuai keinginannya, tanpa pesanan pihak lain.
Tapi sepertinya hal ini pun kembali kepada individu masing-masing. Untuk memilih salah satu dari kedua tipe blogger di atas. Atau memilih kedua-duanya. Idealis dan Matre sepertinya lebih menarik😀.
Dari para pembicara di Kopdar Blogger Nusantara tersebut, saya mengerti bahwa ternyata blog tidak sekedar menulis sebuah artikel demi mendapatkan iklan dengan harga klik yang tinggi. Ngeblog juga tidak sekedar menghadirkan ribuan traffik. Pada kenyataannya, sebuah blog bisa kita manfaatkan untuk berbagai hal, misalnya kemanusiaan, kepentingan sosial, menyalurkan hobi, mencerdaskan masyarakat, juga mencari uang.

Blog tidak hanya Uang
Dalam menyampaikan materi, para Pembicara tersebut tidak hanya membicarakan tentang uang. Satu contoh adalah bagaimana mbak Valencia Meike Randa telah memanfaatkan blog http://bloodforlife.wordpress.com/ untuk kegiatan kemanusiaan yaitu donor darah. Inilah barangkali bagian paling mengharukan pada acara Kopdar 1000 Blogger Nusantara. Perlu diketahui bahwa Mbak Valencia Meike Randa adalah bintang iklan Google Chrome. Dan kisah anak yang membutuhkan darah adalah kisah nyata.
Atau bagaimana sebuah komunitas Blog berhasil “memaksa” sebuah pemerintah Kabupaten untuk menghentikan Pungli di wilayah kabupaten tersebut.
Kedua contoh diatas memberikan bukti nyata bahwa blog tidak hanya untuk mencari uang semata, melainkan bisa dimanfaatkan untuk berbagai tujuan positif.

Bagi peserta seperti saya, acara tersebut berjalan dengan sukses. Sukses menghadirkan suasana yang akrab dan menyenangkan baik ketika di Sun City ataupun di penginapan. Sukses menghadirkan pembicara yang menjadikan blog sebagai sesuatu yang utama dari hidup mereka. Memang benar tiga hari di Sidoarjo, tidak cukup untuk membuat kita tiba-tiba berhasil menjadi blogger yang sukses, atau blogger yang menginspirasi banyak orang. Akan tetapi acara kopdar tersebut, telah memberikan inspirasi bagi setiap blogger yang hadir di acara tersebut. Sebuah inspirasi dan motivasi bagi siapa saja yang ingin mengelola blog dengan lebih baik.
Jika seribu blogger yang hadir saat acara kopdar tersebut, bertekad untuk serius mengelola blognya. Maka di dunia maya akan tercipta 1000 warna baru yang mengulas tentang berbagai aspek kehidupan. Warna tersebut bisa berbagai hal misalnya:, sosial, olahraga, nasionalisme, gadget, budaya, religi, pertanian dan berbagai aspek kehidupan lainnya.