Kira kira dua minggu yang lalu saya menerima sms dari seseorang. Dia mengatakan bahwa dia adalah koordinator blogger wilayah Jawa Tengah I. Dengan sopan, dia mengundang saya untuk datang ke sebuah acara yang bernama Kopdar 1000 Blogger Nusantara 2011. Saat itu saya menjawab,”maaf mas, kemungkinan besar saya tidak bisa datang”. Jadi setelah itu saya lupakan peristiwa itu.
Tapi jam berganti jam, hari berganti hari, di suatu pagi tiba tiba hape berbunyi. Saya pikir itu adalah nomor calon pembeli produk saya, Ternyata tak sampai 1 menit dugaan saya ternyata salah. Nomor tersebut adalah nomor lain dari seseorang yang beberapa hari yang lalu menelpon saya. Sekali lagi dia mengajak saya untuk hadir. Saya menjawab, akan mempertimbangkan dalam waktu 1×24 jam. Dalam 1 x 24 jam tersebut, saya mencoba membuka alamat blog dia dan alamat bloggernusantara.com. Termasuk browsing di Google dengan kata kunci blogger nusantara ataupun acara kopdar seribu blogger. Dari berbagai informasi terutama dari Google, maka saya menyatakan bahwa acara Kopdar tersebut layak untuk didatangi. Selanjutnya, saya menghubungi sang penelpon tersebut, yang bernama Asmarie. Saya menyatakan akan datang di acara yang berlangsung di Sidoarjo dari tanggal 28-30 Oktober 2011.
Singkat cerita akhirnya kami ber-9 blogger dari Semarang berangkat menuju Jawa tomur. Sampai di Sidoarjo, pada tanggal 28 Oktober 2011 jam 06:00 WIB.
Saya tidak akan menceritakan detail setiap acara yang berlangsung di Sun City, Sidoarjo tempat berlangsungnya acara Kopdar Blogger Nusantara 2011 tersebut. Tapi saya akan menuliskan kesimpulan saya mengenai materi yang disampaikan terutama mengenai Blog.

Content Is King
Ya, Content is King. Isi adalah raja begitu kira kira artinya. Dan harus saya akui, di ruangan yang berisi sekitar 1000 orang blogger, untuk sejuta kalinya (mungkin) saya mendengar kalimat itu. Kalimat tersebut diucapkan oleh para pembicara misalnya, pemilik PennOlson.Com. Lalu di sesi berikutnya, ditegaskan lagi oleh Bapak Ivan Budianto. juga oleh Yansen Kamto dengan arti yang senada. Jika sudah demikian, timbul pertanyaan berikutnya, konten seperti apakah yang dimaksud oleh para pembicara tersebut. Konten yang dimaksud adalah konten yang bagus, menarik dan yang pasti unik (bukan kopi paste).
Jika kita kaitkan dengan kondisi Google Panda saat ini, maka artikel yang unik menjadi sangat relevan. Mengingat saat ini, konon Google Panda menerapkan review manual untuk semua artikel yang diindex olehnya. Jadi kita bisa membayangkan, setiap artikel yang kita tulis dibaca oleh robot dan pegawai Google. Hal ini persis seperti juri yang menilai dan membaca artikel, saat kita mengikuti lomba menulis. Maka sebuah artikel paling tidak harus menarik untuk dibaca.
Niche
Niche atau ceruk atau subyek yang spesifik. Kata ini juga sudah hampir dua juta kali saya baca dan saya dengar sejak tahun 2008 yang lalu. Melalui Kopdar di Sidoarjo, saya seperti diingatkan lagi tentang pentingnya memilih niche. Lalu apa maksudnya?. Begini, misalnya saat ini anda memiliki hobi untuk menulis sebuah blog yang berisi tentang olahraga. Akan lebih baik jika anda hanya menulis tentang salah satu jenis olah raga yang paling anda kuasai, misalnya tenis meja. Kemudian anda ulas olah raga tenis meja tersebut secara mendalam dan menarik. Lalu bagaimanakah jika masih merasa kesulitan saat memilih niche. Simak tulisan selanjutnya.

Passion
Passion atau sesuatu yang sangat kita sukai itu intinya. Passion begitu penting dalam proses blogging. Jika anda hadir di Sun City, Sidoarjo pada tanggal 28-30 Oktober 2011 tentu tahu profil dan proses perjuangan para blogger yang menjadi pembicara. Contohnya kambingetawa.org dia sangat menyukai segala sesuatu yang berkaitan dengan kambing etawa. Sehingga akhirnya dia merasa passionnya tersalurkan sekaligus menghasilkan uang.
Lalu bagaimanakah dengan SEO. SEO bisa dilakukan perlahan-lahan setelah ketiga hal mendasar tersebut kita lakukan.
Itulah kesimpulan saya mengenai materi tentang blog yang disajikan oleh para pembicara di acara Kopdar 1000 Blogger Nusantara 2011 di Sidoarjo, Jawa Timur. Hal penting dalam blogging adalah Content, Niche dan Passion