Dalam sebuah kesempatan di twitter, saya pernah bertanya kepada Pak Sandiaga Uno, apakah kita bisa memanfaatkan internet untuk menjual produk UKM. Jawabannya BAGUS !! , dan ini sudah dilakukan oleh sebuah komunitas yaitu Komunitas Tangan Di Atas. Kemudian dalam kesempatan lain, Pak Hermawan Kertajaya mengatakan, “Kuasai tiga komunitas ini maka perusahaan anda akan menguasai pasar!”. Apakah tiga komunitas tersebut. Pertama, Komunitas anak muda (Youth) yang berhasil menggeser komunitas senior. Kedua, Komunitas wanita (Women) yang mengalahkan pengaruh kaum pria di pasar. dan Ketiga, Komunitas netizen (pengguna internet) yang pengaruhnya sangat dahsyat terhadap perkembangan pasar produk kita. Nah lagi lagi Internet menjadi salah satu hal untuk mencapai kesuksesan.
Bagi anda pemilik UKM mungkin bertanya. Lantas darimanakah kita akan memulai memasarkan produk anda melalui internet?. Ada bermacam cara yang bisa dilakukan antara lain :
1. Mendaftarkan ke Website Iklan/ Jual Beli yang sudah terkenal. Ini adalah cara yang paling mudah dilakukan diawal. Anda hampir tidak membutuhkan dana sedikitpun. Beberapa website yang menyediakan layanan Iklan atau Jual Beli yang cukup terkenal adalah Tokobagus.com dan Kaskus.us.
2. Membuat website. Sebuah website sama juga dengan toko anda di internet. Dengan pembelian domain+hosting yang cukup murah, anda bisa memiliki sebuah website yang berisi tentang produk produk anda. Tersedia banyak jasa pembuatan website di Indonesia. Tak kalah penting website anda harus SEO Friendly, artinya web anda mudah ditemukan ketika konsumen mencari produk anda di mesin pencari.
3. Berjualan di Sosial Media. Ya anda bisa menggunakan twitter maupun facebook untuk berjualan. Tentu saja ada perbedaan cara menjual di sosial media dibanding media yang lain. Di Sosial media kebanyakan pengguna hanya menggunakannya untuk berteman saja, jadi jangan terlalu agresif ketika berjualan di facebook.

Mudah mudahan bermanfaat.