Menjadi PNS merupakan salah satu pekerjaan terfavorit bagi sebagian besar rakyat Indonesia. Ada beragam faktor yang menyebabkan hal ini terjadi. Salah satunya adalah adanya uang pensiun.

Jika saat ini anda adalah seorang Pegawai Negeri Sipil dan ingin mendapat penghasilan tambahan, tak ada salahnya untuk mencari sumber penghasilan yang tidak mengganggu aktivitas kerja PNS anda. Kira kira jenis pekerjaan apakah yang bisa anda kerjakan disela sela pekerjaan anda sebagai PNS.

Berikut beberapa alternatif yang mungkin bisa anda lakukan :
1. Bisnis internet.
Bisnis internet merupakan salah satu pekerjaan yang cukup mudah untuk dilakukan. Salah satu kelebihan bisnis online lewat internet adalah konsumen yang tak terbatas di seluruh dunia, tergantung dengan jenis produk yang anda jual. Banyak sekali jenis bisnis internet yang bisa anda lakukan. Misalnya menjual produk lokal, menjadi makelar dan bisa juga menjadi reseller. Selain itu ada bisnis seperti Google Adsense, Affiliate amazon dll.
2. Beternak
Bagi PNS yang kebetulan tinggal di daerah pedesaan atau mungkin yang memiliki hobi beternak, tentu bisa menyalurkan hobinya meskipun sudah menjadi PNS. Anda bisa beternak kambing, beternak ayam, beternak burung atau beternak hewan yang lain.
3. Bertani
Jika tinggal di pedesaan, tentu menjalankan usaha sebagai petani bisa juga dilakukan.

Nah diatas adalah 3 contoh pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan oleh Pegawai Negeri Sipil. Dengan catatan anda masih punya waktu luang untuk mengerjakan hal hal tersebut dan jangan sampai pekerjaan sampingan justru mengganggu aktivitas sebagai seorang PNS.