Sosial media memang mengalami perkembangan fungsi yang beragam. Jika dulu anda melihat Twitter, facebook ataupun Friendster, semua itu identik dengan pertemanan di internet. Akan tetapi seiring perkembangan jaman, Sosial media tidak hanya berfungsi untuk “saling komentar antar teman”. Lebih dari itu Sosial Media mampu memberikan kontribusi positif pagi pengguna. Jika dibandingkan facebook, Twitter terkesan lebih simpel namun banyak hal yang bisa dilakukan oleh Sosial media ini.

Salah satu aksi kepedulian sosial pun bisa dilakukan di Twitter. Adalah @jalinmerapi sebuah account di twitter yang secara berkelanjutan, memberikan informasi tentang Aktivitas Gunung merapi. Posko Induk JALIN MERAPI terletak di Jl. KH Ali Maksum No. 183, Pelemsewu Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten BantulDaerah Istimewa Yogyakarta 55188. Jalin Merapi mampu memberikan Informasi yang cukup akurat mulai dari aktivitas merapi, pengungsian, Tim Relawan, bantuan dan semua aktivitas yang berkaitan dengan gunung merapi. Tentu saja ini tak lepas dari peran sang admin yang selalu siaga menunggu mention yang masuk dari TIm Relawan ataupun masyarakat.
Dengan pergeseran fungsi ini, atau mungkin ini sudah diprediksi oleh sang pembuat web sosial media, maka kita bisa ikut memanfaatkan sosial media untuk berbagai kegiatan positif yang bisa bermanfaat bagi masyarakat.