Tahsin Quran merupakan sebuah aktivitas/ kegiatan untuk mempelajari bacaan Alquran dengan benar. Tahsinul Quran berarti memperbaiki bacaan al-Qur’an. Saya sendiri baru mengenal istilah ini sekitar setahun yang lalu. DI awal tahun 2010 kemarin, saya diajak teman saya untuk mengikuti Tahsin ALquran di Masjid Fatimah, Solo.

Tahsin dilaksanakan dua hari seminggu, ada beberapa kelas yang bisa dipilih oleh peserta Tahsin. Yaitu Kelas A, B dan C. Dengan rincian; Kelas A untuk orang awam yang belum bisa sama sekali membaca Alquran, Kelas B adalah kelas untuk orang yang sudah bisa membaca Alquran tapi belum begitu lancar dan benar bacaannya. Kelas C adalah kelas untuk orang yang sudah lebih lancar dan baik bacaan ALqurannya tapi ingin menyempurnakannya.
Selain itu Kelas tersebut masih dibagi bagi berdasarkan usia dan jadwal. Antara lain, ada kelas untuk anak anak dan ada juga kelas untuk Orang Dewasa, bahkan ada juga yang sudah lanjut usia dengan antusias mengikuti Tahsin Quran ini. Saat itu saya memilih kelas B1, yang berangkat setiap hari Senin dan Jumat jam 20:00.
Saya sendiri merasa bahwa bacaan QUran saya belum begitu baik, akan tetapi Ustadz yang mengajar cukup sabar dalam membimbing. Dan metode pengajaran yang digunakan juga cukup menyenangkan dan tidak membosankan. Sehingga peserta Tahsin tidak merasa bosan. Dan ternyata belajar membaca Quran tidak sesulit yang kita bayangkan.