Jika saat ini anda sedang browsing di internet dengan kata kunci, Cara menyembuhkan sakit jiwa, Terapi Sakit Jiwa, ciri ciri orang sakit jiwa, Penanganan Sakit Jiwa. Atau mungkin Terapi Depresi, Cara menyembuhkan depresi. Mudah mudahan tulisan saya ini bisa sedikit menjawab, meskipun tidak akan semuanya terjawab.

Sungguh bukan sesuatu yang mudah ketika kita menghadapi dan merawat salah satu anggota keluarga kita yang menderita Skizofrenia. Jikapun boleh memilih tentu tidak ada satupun orang yang ingin dia sendiri atau anggota keluarganya menderita Skizofrenia atau sakit apapun itu. Masyarakat lebih mengenal penyakit ini dengan sebutan Orang Gila, Sakit Jiwa dan lain lain. Dan saya sangat menyayangkan bahwa ternyata di media Televisi seringkali mengejek, menjadikan bahan guyonan. Mereka tidak pernah membayangkan bagaimana susahnya menghadapi ODS ini.

Mengingat Skizofrenia ini membutuhkan penanganan jangka panjang yang membutuhkan kesabaran. Sebelum beranjak lebih jauh ada baiknya saya berikan sedikit info tentang apa itu Skizofrenia.  Skizofrenia merupakan penyakit otak yang timbul akibat ketidakseimbangan pada dopamin, yaitu salah satu sel kimia dalam otak. Ia adalah gangguan jiwa psikotik paling lazim dengan ciri hilangnya perasaan afektif atau respons emosional dan menarik diri dari hubungan antarpribadi normal. Sering kali diikuti dengan delusi (keyakinan yang salah) dan halusinasi (persepsi tanpa ada rangsang pancaindra).
Rasa lelah, putus asa, marah, jengkel dan lain lain seringkali muncul ketika kita menghadapi penderita Skizofrenia yang selanjutnya kita sebut dengan ODS. Dilain pihak ODS adalah bagian dari keluarga kita yang membutuhkan penangan, perawatan dan cinta kasih yang sungguh tiada batas. Dan hal ini bisa jadi bukan merupakan hal mudah, tapi semoga ada kemudahan dari Allah SWT.
Saya hanya ingin berbagi rasa dan berbagi informasi, jika saat ini ada salah satu anggota keluarga anda, atau anda ingin membantu ODS agar sembuh dari sakitnya, ada sebuah komunitas di Facebook yang bernama Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia. Komunitas ini didirikan oleh teman teman yang peduli dengan Skizofrenia dan memiliki pengalaman dalam menangani penderita ODS. Saat ini keberadaan forum ini cukup mendapat respon dari berbagai pihak. Bahkan pernah ada sebuah acara di GLobal TV yaitu Rossy Show yang menayangkan tentang Skizofrenia ini.
Berbagai kegiatan sudah dilakukan dengan serius oleh Komunitas yang di kelola oleh Mas Bagus Utomo dan kawan kawan. Kegiatan itu antar lain Kopi Darat yang sudah dilaksanakan di beberapa daerah di Indonesia misalnya Jogjakarta, Jakarta, Penerbitan Buku tentang Skizofrenia dan lain lain. Rencananya akan di bentuk simpul di berbagai daerah agar bisa semakin membantu keluarga dan ODS.
Semoga rahmat Allah senantiasa bersama kita, melimpahkan kesabaran bagi saudara saudara kita yang menderita ODS dan semoga keluarga diberi kesabaran yang melimpah.