Sebagai seorang blogger atau webmaster, salah satu parameter keberhasilan sebuah blog atau website adalah melimpahnya trafik atau pengunjung setiap harinya. Trafik tersebut tidak begitu saja datang tanpa ada usaha sama sekali. Diperlukan proses yang membutuhkan kesabaran. Jika anda selama ini mengandalkan trafik dari mesin pencari, tentu sudah tidak asing dengan berbagai macam istilah SEO, seperti onpage seo, offpage seo, backlink, SERP dan lain lain.


Artikel ini akan menguraikan sedikit bagaimana cara kerja offpage SEO optimization. Offpage SEO identik dengan backlink dari website atau blog lain. Sedangkan cara untuk mendapatkan backlink bisa dengan berbagai cara, misalnya :
1.   Membangun Backlink Melalui Forum
Saya tidak tahu sejak kapan, para blogger mulai mencari backlink melalui forum forum. Di internet tersedia banyak sekali forum yang memberikan kesempatan kepada membernya untuk memasukkan signature. Memasukkan backlink secara manual memang cukup menyenangkan jika kita hanya punya 1 atau 2 blog. Akan tetapi jika kita memiliki puluhan blog yang perlu dioptimasi, maka memasukkan link ke profil bisa dilakukan dengan cara otomatis. Dalam sehari kita bisa memasukkan link kita ke ratusan hingga ribuan forum. Lalu caranya bagaimana. SIlahkan klik Membangun Backlink dengan Mudah dan Otomatis.
2. Blog Walking,
Kita bisa meninggalkan link kita di form komentar yang disediakan. Akan lebih baik kalau kita bisa memilih blog dengan tema yang sesuai dengan blog kita. Ada satu cara yang bisa anda lakukan yaitu dengan menggunakan software yang disediakan untuk memilih blog yang memiliki tema dan kita bisa memilih blog dengan PR yang kita inginkan. Silahkan klik  PR Backlink Generator untuk mulai mendownload software tersebut.
3.Submit artikel ke berbagai directory,
Misalnya Digg.com, stumbleupon.com, lintasberita.com dan lain lain.
Cara ini cukup mudah, anda cukup mendaftar dan jika sudah terdaftar anda bisa memasukkan link anda ke sosial media yang anda inginkan. 

4. Menggunakan Jasa Backlink
Namanya saja menggunakan jasa, berarti kita harus menyediakan uang untuk membayar kepada pihak lain. Saya merekomendasikan website Pabrik Backlink untuk layanan backlink anda.

Sementara cukup empat itu dulu, meskipun masih ada cara lain yang bisa dilakukan untuk berburu backlink.