Mungkin tak banyak dari yang tahu apa itu Skizofrenia. Dari sebuah artikel yang saya baca dari Komunitas Peduli Skizofrenia di Facebook, Skizofrenia adalah penyakit gangguan mental yang sangat dahsyat yang memiliki dasar biologis. Ia menyerang otak penderita. Diderita oleh 1-5 persen dari populasi. Umumnya skizo diderita oleh mereka yang di usia produktif 16-30 tahun, sehingga merusak masa depan generasi muda dan menghancurkan sendi-sendi keluarga.
Wikipedia juga memberikan pengertian tentang apa itu Skizofrenia. Skizofrenia merupakan penyakit otak yang timbul akibat ketidakseimbangan pada dopamin, yaitu salah satu sel kimia dalam otak. Ia adalah gangguan jiwa psikotik paling lazim dengan ciri hilangnya perasaan afektif atau respons emosional dan menarik diri dari hubungan antarpribadi normal. Sering kali diikuti dengan delusi (keyakinan yang salah) dan halusinasi (persepsi tanpa ada rangsang pancaindra).
Kebanyakan orang lebih mengenal Skizofrenia sebagai penyakit gangguan jiwa, depresi, penyakit mental, sakit gila dll.  Bahkan di media televisi kita pernah menyaksikan beberapa penderita Skizofrenia ini di pasung, karena di anggap sangat mengganggu lingkungan sekitarnya. Bagi keluarga penderita Skizofrenia, memang membutuhkan energi ekstra dan perjuangan seumur hidup untuk membantu kesembuhan penderita Skizofrenia ini. 
Pengobatan yang sangat mahal dan informasi mengenai penyakit ini yang sangat sedikit mengakibatkan banyak keluarga yang harus merelakan orang yang dicintainya hidup seperti zombie. Sementara banyak keluarga lagi yang harus bertaruh nyawa setiap hari dengan hidup bersama penderita skizofrenia yang tidak mendapat pengobatan yang memadai dan tanpa pengetahuan yang cukup untuk menghadapinya.

Ketika anda bertemu orang gila di jalan. Membaca berita di koran ttg ayah membunuh anak istrinya karena diperintah Tuhan. Sangat mungkin itulah salah satu bentuk skizofrenia.

Melalui group facebook Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia(KPSI) kami mengajak rekan2
penderita, keluarga, rekan dan semua orang untuk lebih memahami mengenai kesehatan mental khususnya mengenai skizofrenia. Kami berharap kita semua bisa saling berbagi cerita, belajar dan menghadapi skizofrenia bersama2.

Untuk begabung dengan Komunitas, silahkan kunjungi alamat berikut.

http://www.facebook.com/group.php?gid=38338153743 

……………….

         

Letakkanlah Tanganmu Di Atas Bahuku

Biar Terbagi Beban itu dan Tegar Dirimu

Di Depan Samar Cahya Kecil Tuk Memandu

Tak Hilang Arah Kita Berjalan Menghadapinya


Sekali Sempat Kau Mengeluh Kuatkah Bertahan

Satu Persatu Jalinan Kawan Berajak Menjauh

Kudatang Sahabat Bagi Jiwa Saat Bathin Merintih

Usah Kau Lara Sendiri Masih Ada Asa Tersisa


Tak Hilang Arah Kita Berjalan Menghadapinya

Usah Kau Simpan Lara Sendiri……..

Sebagian besar artikel ini saya kopi paste dari :