Mulai hari dan beberapa hari kedepan dan mudah mudahan bisa seterusnya, saya akan menulis tentang profil tokoh tokoh bisnis internet di Indonesia yang berpengaruh terhadap warna bisnis online di tanah air. Hasil tulisan ini berdasarkan apa yang saya ketahui tentang mereka dan dari berbagai sumber yang ada di internet. Untuk pertama kali, tokoh yang saya pilih adalah Cosa Aranda.


Cosa Aranda
Cosa Aranda adalah pemilik situs PanduanDasar.Com yang berisi tentang berbagai tips bisnis internet, seperti Cosa Aranda’s SEO Complete Guide for WordPress, Cosa Aranda’s Panduan 28 Hari Menguasai SEO, Panduan Membuat Blog di Blogspot dll. Orang sering memanggilnya dengan sebutan Master Adsense, Mas Cosa atau Cak Cosa. Beliau berasal dari kota Surabaya, Jawa Timur. Memulai bisnis online sejak sekitar tahun 2002 dan masih eksis sampai sekarang.
Mas Cosa menjadi sangat terkenal ketika beliau berhasil menghasilkan 4000 us dollar perbulan dari Google Adsense. Tentu saja ini adalah merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa. Sedikit mengenang peristiwa yang lalu, Dulu saya tahu tentang Cosa Aranda, justru dari sebuah buku di toko buku Gramedia yang membahas tentang peluang bisnis online, disitu tercantum beberapa website bisnis online baik lokal maupun internasional. Salah satu yang di tulis adalah tentang website Cosa Aranda. Dari situ saya coba klik blog tersebut, ternyata blognya berisi tentang berbagai tips dan trik tentang berbisnis internet, namun yang jadi fokus perhatian saya hanyalah tentang Google Adsense. Dan yang luar biasa banyak sekali komentar dari blogger blogger lain di blognya. Dari situ saya menyimpulkan bahwa banyak orang yang terinspirasi dengan Cosa Aranda.
Hal yang istimewa adalah disela kesibukannya mengelola bisnis onlinenya, beliau masih sempat membagi tips dan trik berbisnis online melalui blognya tersebut. Sayang sekali blog tersebut sekarang sudah tidak berisi tips tips tentang Google Adsense. Namun sebagai pengganti, sekarang ini blog tersebut masih eksis dengan isi yang berbeda dengan yang sebelumnya.
Sekarang Cosa Aranda sudah mengembangkan bisnis onlinenya bukan hanya dari Google Adsense saja, tapi juga mulai menularkan ilmu ilmunya melalui situs PanduanDasar.Com, salah satu situs terpopuler yang membahas tentang Strategi Berbisnis Online.