Sejak memutuskan untuk berbisnis melalui internet, Salah satu hal yang sering saya lakukan adalah membuka Google dan melakukan pengecekan terhadap kata kunci yang saya optimasi. Misalnya saya mengoptimasi kata kunci “jual mebel murah” , maka di halaman pertama hasil pencarian akan muncul 10 website yang paling tinggi rankingnya. Website saya bisa menjadi salah satu dari 10 website tersebut atau justru berada di halaman yang lain dari hasil pencarian.

Misalnya website saya tidak berada di halaman satu hasil pencarian Google, maka saya akan berusaha melakukan berbagai hal agar website saya tersebut bisa menduduki minimal halaman pertama hasil pencarian Google. Dan saya yakin semua pemilik website yang memanfaatkan Google sebagai salah satu cara mendatangkan pembeli, akan melakukan hal yang sama dengan yang saya lakukan.

Saya menyadari sepenuhnya bahwa Website, SEO, bisnis online adalah salah satu cara untuk mendatangkan pembeli untuk produk yang saya jual. Di internet banyak website, blog yang juga menjual untuk produk yang sama. Setelah sekian lama menjalankan aktivitas online, satu hal yang saya yakini bahwa Rezeki sudah ada yang mengatur. Saya tertarik dengan apa yang dikatakan oleh Mas Keke pada saat bertemu di sebuah acara di Yogya beberapa bulan yang lalu. Beliau menceritakan bahwa rekan rekannya yang berbisnis online meskipun memiliki produk yang hampir sama, toh mereka tetap bisa bersahabat. Menurut beliau dunia internet itu sangat luas, pembeli atau buyer itu tak terbatas jumlahnya. Pembeli bisa datang dari mana saja.

Meskipun apa yang saya tulis tidak sepenuhnya sama dengan yang beliau katakan, tapi kurang lebih seperti itulah yang terjadi.

Hal terpenting yang bisa saya lakukan adalah sekuat tenaga melakukan hal yang terbaik. Kalau kata Pak Roni Yuzirman, menjual dengan sungguh sungguh, menyediakan stok produk dengan sungguh sungguh, menjalankan SEO dengan sungguh sungguh. Masalah hasil biarlah Allah yang menentukan.