Menurut saya seorang blogger memang harus matre. Maksudnya dari setiap aktivitas Ngeblognya ada efek sampingnya yaitu penghasilan dalam bentuk uang. Kenapa? Kalau anda seorang yang sudah punya penghasilan tetap selain dari ngeblog, mungkin tidak ada masalah dengan biaya yang dikeluarkan ketika anda ngeblog. Tapi jika anda adalah full time blogger, full time internet marketer anda harus menjadikan blog anda salah satu sumber penghasilan anda. Kalau tidak, darimana anda membiayai blog anda.

Ada banyak jalan untuk jadi blogger matre, diantaranya :

Pasang iklan PPC Google Adsense, Kliksaya.com. Pokoknya Iklan PPC

1.Buatlah blog target lokal yang memiliki target pengunjung yang populer. Misalnya buat blog download mp3 gratis, blog gosip artis, blog lowongan pekerjaan.

2.Pantau terus berita di TV, anda bisa meraih keuntungan dari gosip panas yang sedang dimuat di televisi.

3.Untuk target Internasional, misalnya Amerika Serikat, anda bisa pasang Google Adsense. Jika ingin mengetahui seluk beluk Bisnis Adsense bolehlah anda baca dan belajar di Bisnis Internet Adsense.

Mengikuti Layanan Affiliasi

Affiliasi sebenarnya adalah makelar. Ya benar, anda bisa jadi makelar di internet. Meskipun anda tidak pandai bicara atau merayu orang lain. Tapi melalui internet anda bisa jadi makelar online. Caranya bagaimana?. Silahkan anda cari di internet program affiliasi. Saya berikan contoh disini ada tiga macam. Silahkan pilih mana yang lebih mudah;

1. Mengikuti layanan PanduanDasar.Com

2. Mengikuti Sekolah Bisnis Internet Terbaik

3. Mengikuti affiliate amazon.com

Wah pokoknya banyak sekali program affiliate di internet dari komisi 4% sampai diatas 75% semua ada. Anda hanya tinggal memilih mana yang paling anda sukai. Sayang sekali kebanyakan program affiliasi ini adalah dari program asing. Untuk Indonesia, yang paling populer adalah menjadi makelar Ebook.

Membuat Layanan Online sendiri

Jika anda sama sekali tidak memahami tentang bisnis internet, tapi anda memiliki sebuah bisnis seperti kerajinan, bisnis jasa, bisnis produk atau bisnis apapun. Coba buatlah blog dan ceritakanlah tentang bisnis anda di blog tersebut. Dan lebih bagus lagi jika anda memiliki toko online.

Sekian informasi dari saya Wassalamualaikum Wr Wb.