Di era internet seperti ini, kegiatan tulis menulis benar benar sesuatu yang sangat mudah dikerjakan dibanding ketika kita masih menggunakan mesin ketik sebagai alat tulis tercanggih. Sekitar tahun 1990an, saat saya masih duduk di bangku Sekolah Dasar, saya sering dibelikan majalah anak anak seperti Bobo, Ananda, Ceria, atau Belia. Saya suka membaca berbagai cerpen, artikel yang ditulis oleh anak anak yang sebaya saya saat itu, tapi tak pernah sedikitpun pernah mencoba mengirim tulisan atau artikel. Dan kendala terbesar adalah keterbatasan dalam menulis serta mengirim hasil tulisan saya. Selain tidak adanya motivasi dari lingkungan untuk menjadi seorang penulis.


Dan keinginan saya untuk menulis baru tercapai, justru setelah saya sudah selesai menyelesaikan pendidikan formal. Saya baru mulai aktif menulis, pada tahun 2007, melalui media yang disebut blog. Saat itu, motivasi saya adalah untuk mencari penghasilan melaui media blog. Setelah beberapa bulan menulis artikel, menuliskan ide, pengalaman di blog ini saya baru menyadari bahwa ada perbedaan antara mencari uang dan megerjakan aktivitas menulis.

Kebingungan saya tersebut berakibat pada hasil tulisan di blog saya ini, hampir semua hal saya tulis. Saya pernah menggunakan blog ini untuk media jualan produk, download mp3, review artikel dan lain lain.

Berbagai pengalaman dan kesalahan ternyata merupakan guru yang sebenarnya, sekarang ini saya lebih mengetahui bahwa menulis pendapat pribadi atau pengalaman pribadi ternyata benar benar berbeda dengan ketika kita menulis artikel yang bertujuan untuk menjual. Bahwa ternyata menulis artikel untuk menjual produk lebih melelahkan dibanding ketika kita menulis pengalaman, pendapat pribadi di blog seperti ini.

Tapi apapun itu, saya sungguh sangat bersyukur kepada Allah Swt dan berterima kasih kepada blogger.com, wordpress dan rekan rekan blogger lainnya. Bahwa saya bisa menulis di blog ini. Atau saya bisa menjual berbagai produk dalam negeri maupun produk asing, semua berawal dari ngeblog. Sebelumnya menjual produk seharga puluhan ribu rupiah saja saya merasa kesulitan, tapi kini melalui internet saya bisa membantu penjualan produk bahkan sampai ribuan dollar. Sekali lagi semua itu berawal dari Ngeblog.