Bagi anda yang sudah akrab dengan istilah SEO( Search Engine Optimization) mungkin sepakat jika saya katakan bahwa SEO merupakan salah satu cara terpenting untuk kesuksesan bisnis internet anda. Anda boleh saja berbisnis affiliasi, PPC ataupun toko online, tapi saya percaya bahwa hal yang paling sering anda lakukan adalah melakukan optimasi SEO agar situs atau blog anda berada di 10 besar halaman pencari Google, bukan yahoo, bing atau mesin pencari lainnya.
Dalam menjalankan aktivitas yang berkaitan dengan SEO, kita memang harus sabar. Sabar menunggu situs kita berada di urutan pertama. Selain sabar tentu harus ada usaha agar situs anda tampak menarik di mata Google, sehingga akhirnya Google memberikan reward kepada website anda berupa top ranking di situs Google. Bisa jadi anda akan merasa frustasi ketika situs yang anda optimasi, setelah berbulan bulan ternyata tidak pernah masuk di urutan 10 besar sekalipun, bahkan 100 besar.
Yang lebih parah lagi, tiba tiba website yang anda optimasi berhari hari, ternyata secara tidak sengaja melanggat aturan main google, sehingga akirnya di masukkan ke Sanbox atau bahkan di banned permanen, dan situs anda pun hilang sama sekali ketika di cari di Google. Lalu bagaimanakah solusinya? Agar website atau blog kita bisa memperoleh top ranking di Google. Ya tentu saja kita harus melakukan aktivitas SEO, bagaimana caranya?
Saya bukanlah pakar SEO, tapi saya hanya cerita tentang pengalaman saya dalam mengoptimasi berbagai website saya. Yang anda butuhkan adalah kesabaran, panduan SEO untuk menjadikan situs anda nomor satu atau di halaman satu dan sedikit kerja keras agar situs anda berada di top 10 mesin pencari. Memang dibutuhkan waktu yang tidak singkat, dalam mengoptimasi sebuah situs agar berada di posisi terhormat mesin pencari Google. Salah satunya adalah anda perlu melakukan Off Page dan On Page Optimization pada website anda. Bagaimanakah caranya, saya menyarankan cobalah baca terlebih dahulu Cosa Aranda’s Panduan 28 Hari Menguasai SEO. Ebook ini begitu lengkap mengulas segala sesuatu tentang Search Engine Optimization. Di Ebook tersebut akan anda peroleh informasi dan trik Bagaimana membuat situs anda menjadi top 10 di Google.