Seperangkat Lab bahasa terdiri dari berbagai peralatan yang saling berintegrasi. Terdiri dari meja lab bahasa, kabel, Personal Computer, Master control dll. Di negara Indonesia ini, sudah banyak instansi atau sekolah yang mempergunakan teknologi lab bahasa untuk melengkapi fasilitas yang ada.


Lab Bahasa memang bisa membantu kita dalam mempermudah proses pengajaran di dalam sebuah ruangan. Maka tak heran akhir akhir ini pihak pemerintah memberikan perhatian serius terhadap kelengkapan fasilitas sekolah, terutama laboratorium bahasa. Bahkan Sekolah Dasar yang dirasa memiliki jumlah siswa yang cukup banyak perlu dilakukan pemasangan lab bahasa. Ini yang terjadi di beberapa wilayah yang mendapat bantuan dari Pemerintah.
Lab Bahasa yang ada di Indonesia saat ini yang banyak digunakan adalah Lab Bahasa Rakitan. Banyak kelebihan lab bahasa rakitan dibanding yang built up. Selain harganya lebih murah, kelebihan lain adalah perawatan yang lebih mudah dan efisien. Gambar yang ada di atas merupakan contoh pemasangan lab bahasa lengkap dengan meja lab bahasanya.