Cara Optimasi SEO (Search Engine Optimization) dimana mana disebutkan hanya ada dua cara optimasi yaitu : On Page Optimization dan Off Page Optimization. Hal ini bukan merupakan sebuah rahasia, hampir semua pakar menyebutkan tentang hal ini. Lalu, apakah sebenarnya On Page dan Off Page Optimization ini?.

On Page Optimization

Optimasi ini berkaitan erat dengan keadaan situs itu sendiri, tentang Platform situs, artikel yang ditulis, keyword utama yang digunakan dan Struktur situs.

Platform Situs

Maksudnya adalah anda menggunakan situs buatan sendiri atau menggunakan layanan blog seperti CMS WordPress.org atau blog gratis seperti Blogspot. Jika anda merasa mempunyai kemampuan membuat situs dengan koding yang anda buat sendiri, anda bisa menggunakannya untuk bertarung memperebutkan peringkat puncak mesin pencari. Namun berdasarkan pengalaman saya, sampai saat ini saya masih sering menggunakan WordPress untuk blog bahkan situs toko online saya. Selain itu saya juga menggunakan Blogspot untuk beberapa blog saya. Karena berdasar pengalaman WordPress lebih SEO Friendly, begitu juga dengan Blogspot.

Artikel Yang ditulis/ Content

Content atau isi blog merupakan faktor utama dalam membuat situs. Lebih diutamakan sebuah blog memiliki tema yang spesifik atau mempunyai niche dan anda sangat menyukai tema blog anda. Misalnya anda senang dengan kerajinan batik, maka anda bisa menulis tentang kerajinan batik tersebut. Artikel yang ditulis harus unik, tidak kopi paste. Dan yang tidak boleh dilupakan adalah selalu update artikel, entah 1 hari, 2 hari atau seminggu, yang penting selalu di update

Keyword

Keyword adalah hal penting juga dalam pembuatan situs. Dengan keyword ini anda akan memberi makan mesin pencari seperti Google. Jadi pastikan keyword yang anda buat bisa menempati peringkat puncak mesin pencari. Misalnya keyword tentang “jual baju batik” atau “jual mebel jepara” dll. Anda bisa melakukan riset dengan bantuan google adwords, melalui link https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal. Jika memang dengan satu kata terlalu banyak saingan anda bisa menambah menjadi 2,3 atau 4 kata sebagai kata kunci anda. Lebih baik menempati peringkat puncak untuk keyword yang belum terlalu populer, daripada menempati peringkat ratusan untuk keyword yang populer. Anda bisa menulis keyword tersebut beberapa kali di artikel, tapi jangan terlalu banyak.

Struktur Situs

Sebuah situs terdiri dari kode kode HTML dengan struktur yaitu, ada Head, Body dan footer. Heading bisa terdiri dari; Title, Meta Description, Meta Keyword. Sedangkan Body meliputi Heading, Image, Link.


Off Page Optimization

Selain On Page Optimization, anda harus juga melakukan Optimasi dengan cara lain, yaitu Off Page Optimization. Apa itu? Off Page Optimization adalah bagaimana anda membangun link ke situs anda. Link Building merupakan salah satu stratei Off Page Optimization. Dalam bahasa manusia, Optimasi ini bisa berarti anda mencari teman sebanyak banyaknya. Namun dalam proses pencarian ini, harus alami dan tidak terkesan di buat buat. Dalam konteks SEO, silahkan anda membangun Link ke situs anda, namun jangan terlalu cepat. Karena jika dalam sehari anda membuat inbound link sebanyak 10, bisa bisa situs anda langsung di banned dari Google.

Secara detail penjelasan tentang On Page dan Off Page Optimization ini bisa anda dapatkan melalui dua ebook di bawah ini, yang satu gratis dan yang satu berbayar. Tentu saja yang berbayar lebih lengkap pembahasannya dan lebih mudah di pelajari.

1. Ebook SEO Gratis

2. Cosa Aranda’s Panduan 28 Hari Menguasai SEO