Baru saja saya melakukan blogwalking, jalan jalan mengunjungi blog para sahabat blogger lainnya. Blogwalking sudah beberapa bulan ini jarang saya lakukan, karena sibuk mengurus blog saya. Sebenarnya bukan sibuk tapi tidak menyempatkan waktu untuk berkunjung ke blog lainnya. Saya baru menyadari bahwa dengan blogwalking, kebuntuan ide menulis bisa di atasi. Dari Om Nukman Luthfie saya nyasar ke rumah Mas Iman Brotoseno, Indonesia Film Director and Photographer. Setiap posting coba saya baca, tertarik saya dengan sebuah artikel beliau berjudul Front Penyejuk Islam. Beliau menceritakan tentang seorang sahabatnya yang semula Muslim abangan yang akrab dengan dunia macam pub atau bar kemudian benar benar menjadi seorang muslim yang taat.

Mungkin perjuangan sahabat tersebut sangat berat, atau mungkin tidak menganggap sebagai sesuatu yang berat, karena rasa cinta kepada Allah dan Rasulnya melebihi rasa cintanya kepada cinta cinta kecilnya. Hal tersebut adalah hidayah Allah yang di tindak lanjuti dengan tepat oleh penerima hidayah. Entah sudah beberapa kali kita di ingatkan dengan berbagi pertanyaan dalam batin, Sudahkah engkau jalankan perintah Allah (bahasa syariat) atau dengan bahasa yang lebih dalam sudahkah kau buktikan cintamu pada Nya. Atau mungkin pertanyaan kapan kau benar benar menjadi Muslim, atau kapan engkau benar benar menjadi Aku.
Atau mungkin ada semacam kerinduan kepada Rasul dan berharap bahwa kelak di kehidupan sesungguhnya, kita bisa menatap wajah Nya, berdialog dengan Kanjeng Nabi, Sahabat berkumpul dengan Ayah Ibu dan saudara saudara kita di akhirat. Ah, jika semua keinginan, pertanyaan itu ada di dalam batin, hidup ini seakan tidak berarti dan ingin segera bertemu dengan Nya.

Jika sahabat tersebut sudah berhasil melewati proses, Saya? sebentar lagi…