Awalnya Iseng belajar SEO, tapi ternyata malah keterusan, pengin coba bertanding di ajang Kontes SEO dengan Kata Kunci Kampanye Damai Pemilu Indonesia. Hasilnya cukup menegangkan, sempat nangkring di urutan 20 besar, kini masuk ke urutan 80 besar. Padahal Untuk memenangkan uang 5 Juta Rupiah, atau hadiah lainnya harus masuk 10 besar di Google.Co.id. Kampanye yang di ikuti ribuan Blogger di Indonesia, memang berlangsung seru. Yang semula di nomor satu SERPnya bisa saja tergeser dari situs lain, yang awalnya di urutan belakang. Itulah serunya SEO.

Meski sedih, namun harus tetap semangat, harus di sadari bahwa ini adalah proses pembelajaran tentang Ilmu SEO (SEarch Engine Optimization). Belajar SEO membutuhkan kecerdikan dalam menganalisa keyword yang paling banyak di cari, dan bagaimana cara menempatkan situs kita di urutan nomor 1 mesin pencari di Google.co.id bahkan Google.com. Untuk melihat apakah kata kunci yang kita pilih sedang ngetrend atau populer, silahkan coba belajar di Google Trends.
Ketika dalam proses belajar saya sangat salut kepada para blogger yang berhasil menaklukkan Google dengan kecerdasan analisa keyword mereka sehingga SEO nya berhasil. Banyak jurus yang dikerahkan untuk menempatkan situs kita di urutan nomor 1 Google. COntohnya adalah tips tips SEO dari Mas Keke, yang selalu mengkaitkan Ilmu SEO dengan Al Quran. Kok bisa, coba baca dari situs Seokita, siapa tahu anda bisa belajar banyak dari blognya Mas Rieke Ustadiyanto, sang pakar SEO. Banyak sekali praktisi SEO di Indonesia lainnya, misalnya Pogung177 atau mungkin BrokenCOde, mereka pernah merasakan menjadi juara dunia kontes SEO Dunia.

Saya pernah chatting sebentar dengan Mas Aris Yulianta, mohon maaf jika tidak berkenan, kata beliau untuk sukses dalam belajar SEO adalah kita perlu mencari posisi di Google.com, yaitu dengan OnPage Optimization (optimisasi pada situs kita) dan OffPage Optimization (optimisasi di luar situs kita) , baru setelah itu kita kejar keywordya. Saat itu chattingya cuma sebentar jadi belum banyak yang disampaikan, tapi cukup untuk bahan pembelajaran dalam bidang SEO.
Kalau saya sendiri, saat ini cenderung menulis kontent yang unik dan saat ini sedang ngetrend. Namun tidak semua hal yang ngetrend saya ulas, liat liat dulu isi beritanya. Kalau beritanya tidak saya sukai, tidak akan saya tulis. Lalu bagaimana mencari berita yang update, bisa saja anda kunjungi DEtik.com atau Kapanlagi.com. Kemudian review tapi dengan gaya bahasa sendiri, dan jika memang sumbernya dari kedua situs di atas, anda perlu cantumkan linknya juga. Nah Kalau itu metode belajar SEO yang selama ini saya lakukan, bagaimana dengan metode SEO yang anda lakukan?