Agent Call Center, mungkin tidak sepopuler Office Boy, yang bahkan ada judul sinetronnya di RCTI. Atau mungkin Tentara yang ada pilmnya RAMBO. Saya sendiri juga nggak pernah sekalipun menghubungi Call Center, sampai saya bekerja menjadi seorang Agent Call Center IM3 sekarang ini. Saat itu saya menghubungi Call Center Bank Mandiri, saya komplain karena duit saya tertelan lagi di mesin ATM. Dan akhirnya masalahnya selesai, duitnya nggak saya terima.


Menjadi seorang Agent Call Center adalah pekerjaan yang mulia, Apalagi jika anda menjadi THE Best Agent Call CEnter atau Call Center Terbaik 2009. Tentu lebih mulia karena anda akan mendapat penghargaan, dan tambahan uang atas prestasi anda. Nah menjadi seorang Call CEnter, Setiap hari mendengarkan keluhan orang orang yang mengalami permasalahan dengan produk yang digunakan. Oleh karena itulah biasanya seorang Agent Call Center adalah orang orang yang sabar dan penuh perhatian kepada pelanggannya. Seiring berjalannya waktu sekarang ini banyak sekali layanan yang membutuhkan peran serta seorang Call Center, misalnya operator telekomunikasi misalnya Telkomsel, IM3, Mentari,Indosat, XL, Esia, Fren atau Flexi. Mungkin juga ada Call CEnter seperti Yellow Pages atau 108. Ada juga Call CEnter jasa keuangan Bank, misalnya Bank BCA, Bank Mandiri, BRI, Bank Syariah Mandiri, Bank Mega atau Bank Muamalat. Belum lagi Call Center di Toko makanan misalnya, KFC, CFC, MC donald atau Hoka Hoka Bento. Ada juga Agent Call Center produk misalnya AC, Komputer, peralatan kantor.


Ada juga Call Center Polisi 110, Pemadam kebakaran 118 dan layanan masyarakat lainnya. Kalau di AMerika ada 911 dan lain lain. Pokoknya banyak banget Call CEnter di dunia ini.

Nah tugas dari seorang Agent Call Center adalah berbicara dengan sepenuh hati, bagaimana caranya pelanggan itu puas tapi tidak lemas. Mereka puas komplainnya bisa di tangani, atau mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Seperti slogannya Bank mandiri, Melayani Dengan Hati, Lalu disempurnakan oleh Bank BRI, melayani dengan sepenuh hati. Kalau Call CEnter itu saking melayani dengan sepenuh hati, juga harus hati hati, karena ada tim Quality Assurance (Tim QA) yang akan menilai kualitas informasi yang diberikan Seorang Agent Call CEnter. Selain itu dalam dunia Call CEnter sudah ada organisasi yang mewadahinya yang bernama ICCA (Indonesia Contact Center Association). ICCA mewadahi para Call CEnter Di Seluruh Indonesia.

Nah sekarang ada kompetisi menjadi The Best Call CEnter Agent. Lalu best agent itu seperti apa, apa mungkin dia yang bisa melayani Customer sampai ribuan call setiap hari, nggak kok. Facebook aja dibatasi 5000 teman. Kriterianya meluncur langsung ajah ke situs sebelah.
Ngantuk nih, mohon maaf kalau posting tentang Menjadi Best Agent Call Centernya ngelantur kemana mana, jadi harap maklum….maklum sih aku maklum rela sih aku rela..aku relakan semoga bahagia….(ari Wibowo)

PS :

Untuk anda yang sering marah marah ketika nelpon Call Center, sebaiknya dikurangi rasa marahnya, karena para Agent Call Center itu juga manusia, dan mereka hanya menjalankan tugas. Jadi Jangan Marah marah, Eh Eh Kok Gitu Sih Lha Kok Marah lebih baik anda Menulis di Blog atau surat pembaca. Atau bisa juga anda telpon Call center tapi yang mesin penjawab otomatis, mereka lebih sabar. Bayangkan kalau setiap hari Mas dan mbak Call CEnter menerima 100 pelanggan dan semuanya marah marah semua. Bisa anda bayangkan bagaimana wajah agent Call Center itu . Kalau itu pacar anda bagaimana, anak anda atau istri anda…