Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan bangsa manapun di dunia. Itulah sebabnya bangsa Indonesia dengan kekayaan alam yang melimpah ruah, menjadi tujuan dari para Teroris, Imperialis Eropa maupun Jepang. Selama 350 tahun bangsa ini di jajah oleh Teroris, Imperialis Eropa dan kemudian dilanjutkan oleh negara Jepang. Mereka dengan seenaknya menjarah kekayaan bangsa ini. Menjajah, melakukan teror, menyiksa rakyat Indonesia saat itu. Rasanya tak terbayangkan kalau kita harus hidup di jaman penjajahan. Kita tidak bisa menikmati kehidupan dengan bebas seperti saat ini. Bisa hidup dengan tenang, bisa memilih pola kehidupan yang ingin kita tentukan.
Kini kita telah merdeka. Kita bebas menentukan apapun yang kita inginkan saat ini. Dan semua ini tidak bisa dilepaskan dari perjuangan para pahlawan bangsa ini yang dengan gagah berani memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Mereka bertempur melawan penjajah dengan mengorbankan segala galanya demi bebas dari belenggu penjajahan. Semangat jihad, ikhlas dan patriotisme mereka yang harus kita tanamkan dalam mental kita untuk membangun bangsa ini, mewujudkan kemerdekaan hakiki di dunia dan akhirat. Bukan hanya kemerdekaan di dunia ini saja.

Kini kita telah merdeka. Merdeka dari teroris dan imperialis penjajah dari suku barbar Belanda dan bangsa Eropa lainnya. Kini tak ada lagi teriakan Bung Tomo yang dengan lantang menyatakan tidak akan menyerah kepada tentara barbar Inggris. Atau mungkin Komando dari seorang tokoh Islam bangsa Indonesia, Yaitu Panglima Besar Jenderal Sudirman dalam perjalanan gerilya melawan penjajah dan teroris dungu Belanda. Kita tinggal melangkah, menyusuri jalan yang dibangun dengan tetesan darah oleh CUt Nya Dien, Sultan Agung, Pangeran DIponegoro, Pattimura dan putra putra terbaik Indonesia tercinta ini.

Kini kita telah merdeka. Para teroris itu telah pergi karena perjuangan tak kenal lelah dari para pendahulu bangsa ini. Allahu AKbar, Bambu Runcing, gerilya, pekikan semangat merdeka atau mati telah membuat membuat mereka harus meninggalkan negeri Indonesia yang pernah mereka namakan Hindia BElanda.

Kini kita telah merdeka. Tinggal kita yang menentukan nilai kemerdekaan ini. Tinggal kita yang akan menentukan apakah kelak, nama kita dikenang oleh anak cucu kita kelak. Seperti ketika kita mengenang Bung Karno dan para pahlawan. Atau mungkin kita hanya mewariskan kehancuran bagi anak cucu kita kelak.

Kini kita telah merdeka, jangan cengeng menghadapi kehidupan ini. Tantangan membentang menunggu kita untuk menyelesaikan semua masalah. Lakukan yang terbaik untuk bangsa Indonesia. ALLAHU AKBAR ALLAHU AKBAR ALLAHU AKBAR , MERDEKA..!!