Sehari lagi tahun baru 1430 H, tepatnya hari senin, tanggal 29 Desember 2008. Berarti tahun 1429 terlewat sudah. Kemudian tiga hari setelah itu Tahun Baru Masehi 2009. Jadi dalam satu minggu ada 2 tahun baru. Tahun baru yang pertama adalah tahun baru Hijriah, atau tahun baru Islam. Tahun baru Hijriah ditetapkan oleh Khalifah Umar Bin Khattab berdasarkan peristiwa hijrah yang dilakukan oleh Kanjeng Nabi Muhammad SAW. Sedangkan tahun baru masehi saya tidak tahu sejarahnya, mungkin bisa anda tanyakan kepada om Google aja yach.

Sehari lagi tahun baru 1439 H, apa yang telah kita lakukan selama setahun ini. Selama 365 hari. Jika anda seorang manager, CEO, karyawan, pekerja atau buruh atau apapun pekerjaan anda mungkin telah menghabiskan sebagian besar waktu anda untuk bekerja di kantor atau di tempat lain. Pertanyaanya, Bahagiakah anda menghabiskan begitu banyak waktu di kantor, di tempat bekerja anda selama ini??. Selama berjam jam bergelut dengan kesibukan sehari hari. Bahagiakah anda meninggalkan orang orang yang anda cintai, istri, suami, anak, orang tua, sahabat, kekasih atau pacar anda?. Bahagiakah anda meninggalkan semua kesenangan atau hobi anda??.

Jika anda bahagia dengan semua kesibukan tersebut, maka silahkan anda teruskan semua hal itu. Tapi jika anda tidak merasa bahagia dengan kesibukan kesibukan yang anda jalani, ada baiknya anda merenung sejenak, mencari jalan terbaik untuk masa depan kelak. mumpung tahun baru. Agar hari hari ke depan bisa anda jalani dengan penuh kebahagiaan.

Saya setuju kita terpaksa meninggalkan mereka dengan alasan juga karena mereka. Kita mau bekerja seharian di kantor, di jalanan, di proyek atau di tempat apapun juga karena mereka, karena orang orang yang kita cintai tersebut. Karena mereka kita bekerja habis habisan, panas, dingin, lapar, haus ini untuk mereka juga. Tapi kita mau, karena kita mencintai mereka.

Selama ini mungkin kita bangga bisa mengisi hari hari anda dengan kesibukan mencari rezeki. Atau mungkin terpaksa kita melakukan semua itu karena tidak ada pilihan lain. Mungkin ada baiknya untuk sedikit kita introspeksi, Apakah hal hal yang telah kita lakukan selama ini membawa perubahan bagi kehidupan kita selama ini atau hanya berlalu secepat motor valentino rossi. Terpenting kita bisa mengambil hikmah setiap peristiwa. Sehingga ke depan akan menjadi titik balik, menjadi momentum yang akan menentukan kebahagiaan kita kelak. Apa yang saya tulis di atas adalah juga tentang apa yang sedang saya rasakan saat ini.