Ketika memulai ngeblog beberapa bulan yang lalu. Saya masih ingat, betapa hati saya senang bukan kepalang ketika Laporan Earning Kliksaya menunjukkan angka Rp.150. Dan itu berjalan selama berminggu minggu. Kemudian dari Bulan Februari 2008 sampai dengan Bulan Juli 2008, Penghasilan dari Kliksaya hanya Rp.12.000!!. Besar kan?. Namun mulai bulan Agustus sampai sekarang Kliksaya menunjukkan taringnya dengan memberikan uang secara rutin setiap tanggal 1, langsung ke rekening Bank.

Nah Internet tak ubahnya sebuah belantara dan hutan rimba yang tak bertepi. Sampai kini pun dunia maya internet benar benar membuat saya bingung dalam menentukan pilihan terbaik bagi saya. Saya dihadapkan dengan berbagai pilihan harus menentukan yang terbaik diantara Kalian, entah PPC, PTC, Affiliasi, Parkir Domain, Paid Review atau bisnis bisnis internet lainnya. Belum lagi PPC itu di bagi dalam PPC dalam negeri seperti Kliksaya.com, Kumpulblogger.com, Adsensecamp.com, PPcIndo.com, dll. Kemudian PPC Luar Negeri seperti Adsense.com, Adbrite.com, Bidvertise.com dll dll. Lalu ada juga model bisnis Affiliasi, seperti amazon.com atau chitika.com dan kawan kawannya. Kemudian model bisnis internet Paid Review, dimana kita akan dibayar jika menulis artikel dengan tema yang sudah dipesan. Paid review contohnya Reviewme.com, Blogsvertise.com, reviewmu atau reviewcamp.

Dari beberapa model bisnis internet diatas, saya sudah menuai hasilnya meskipun belum seberapa, namun sangat saya syukuri. Bisnis yang sampai hari ini masih memberikan saya penghasilan :

1. Kliksaya.com. (PPC Lokal)
2. Adsense.com (PPC)
3. Amazon.com (Affiliasi)
4. Sedo.com (Parkir Domain) masih di bawah 10$
5. Blogsvertise.com (Paid Review) masih di bawah 10$
6. Ziddu.com

Dan masih ada recehan recehan lainnya dari berbagai program bisnis internet lainnya. Seperti judul posting saya di atas, memang benar bahwa kita harus menentukan diantara berbagai program bisnis internet mana yang terbaik bagi kita. Selama beberapa bulan yang lalu, saya latah mengikuti setiap ada informasi bisnis internet. Jadinya pikiran saya terpecah pecah, dan hal ini mengakibatkan ketidak fokusan dalam mengerjakan bisnis.

Terus terang saya merasa lelah dengan kelatahan saya ketika mengikuti berbagai bisnis internet. Dan kesimpulannya saya harus menentukan 1 atau 2 yang terbaik bagi kita. Baru jika sudah berjalan kita bisa menambah model bisnis kita. Tapi itu pendapat saya jika anda bisa mengerjakan semua secara bersama sama tentu lebih baik lagi Ya kan. Bagi saya, Kisah Cintaku Ternyata Harus Memilih Diantara Kalian. Peterpan atau D Masiv..Wah mulai nggak Nyambung nih.