Dunia musik Indonesia memang memiliki keragaman dalam kreativitas. Sebuah Band Rock tidak harus bernyanyi dengan menggunakan syair syair kekerasan. Jika di tahun 1980 dan 1990an musik religi Islam mungkin identik dengan Bimbo, Kyai Kanjeng, Nasida Ria, Rhoma Irama. Kemudian ketika Raihan membawakan syiar Islam melalui irama Nasyid, maka bermunculanlah grup grup Nasyid di Indonesia, The Fikr, dll.
Tapi kemudian peta permusikan religi Islam di Indonesia semakin semarak, ketika beberapa grup Band, sengaja menyisipkan lagu dengan tema Religi di album album mereka. Dan kali ini Band band Indonesia bukan hanya menyisipkan tema religi di album mereka, akan tetapi bahkan mengeluarkan album religi, Beberapa Grup Band yang serius menggarap tema religi antara lain :

Grup Band Gigi,

Armand Maulana dkk, benar benar kreatif dan serius membawakan lagu dengan tema Rohani Islam dalam album albumnya. Sudah ada 4 album yang dihasilkan oleh Band Gigi ini. Raihlah Kemenangan (2004), Raihlah Kemenangan Repackage (2005), Pintu Sorga (2006) dan Jalan Kebenaran (2008). Dulu tidak pernah terbayang kalau lagu perdamaian nasida ria, bisa dinyanyikan dalam irama ROck. Tapi Gigi merubah semua itu. Di album pertama yang berjudul Raihlah Kemenangan, Gigi memang mengaransemen ulang lagu lagu yang sudah ada, misalnya Tuhan atau I’tiraf

Grup Band Ungu

Inilah Band yang telah mengukir kesuksesan di blantika musik Indonesia pada 10 tahun terakhir ini. Ungu memiliki dua album Religi yaitu, Surga Hati (2007) dan Aku dan Tuhanku (2008).

Grup Band Vagetoz

Merupakan band baru di Indonesia, kali ini menghadirkanAlbum Religi Vagetoz berjudul Kuatkan aku. Dengan lagu andalan berjudul sama, yaitu Kuatkan Aku.

Sebenarnya masih banyak Band atau musisi yang sengaja merilis album religi untuk menyambut ramadhan sekaligus untuk mencari rezeki. Tentu saja ini menambah keragaman musik di Indonesia. Jika dulu Musik Islam hanya rebana, kini semua berkembang dengan pesat. Lagu lagu religi memang sengaja dibuat untuk mengajak kita semua untuk merenung sejenak, untuk kemudian Lalu kira kira kapan ya Inul Daratista, Dewi Persik atau Julia Perez meluncurkan album religi?