Roy Suryo yang selama ini dikenal sebagai pakar telematika Indonesia, kini kembali membuat berita. Kali ini, Roy tidak mengungkap keaslian foto telanjang artis Indonesia, akan tetapi dia mengungkap siapa pencipta Sebuah lagu yang selama ini menjadi misteri. Lagu tersebut berjudul Tinggal kenangan atau Lagu Jauh Kau Pergi. Menurut Roy Suryo, dia berhasil menemukan siapa penyanyi asli lagu tinggal kenangan, setelah menerima rekaman suara dan video dan kemudian melakukan analisis dengan sebuah alat yang bernama audio spectrum analizer (sebuah alat penguji kecocokan suara). Melalui alat tersebut ditemukan fakta ilmiah bahwa lagu tersebut dinyanyikan oleh Abe bukan Gaby(seperti yang selama ini dikenal oleh banyak orang).

Abe yang bernama asli Andi BC adalah sahabat Pay, Sang Gitaris Caramel. Lagu itu sendiri dibawakan pada saat ada acara seni kampusnya, STMIK Dipanegara Makkasar pada 11 Juli 2005.

Roy juga mengatakan bahwa sebenarnya berita dan cerita mistis yang beredar seputar Lagu Tinggal Kenangan adalah bualan dan kerjaan blogger yang tak bertanggung jawab. Tidak dijelaskan secara pasti siapa Blogger yang tak bertanggungjawab tersebut. Roy sendiri menemukan sebuah video yang dibuat pada tahun 2005. Video tersebut menunjukkan suara penyanyi seperti yang beredar di internet. Menurut Roy jika tidak ada yang bisa membuktikan secara ilmiah, berarti lagu Tinggal Kenangan memang adalah Lagu dari Caramel Band Makasar.

Nah kini tinggal anda percaya atau tidak, Roy Suryo sudah berusaha melakukan pembuktian secara ilmiah tentang kebenaran lagu ini. Roy sendiri juga berkontroversi dengan berbagai pihak, misalnya kontroversi dengan Blogger atau Kontroversi Lagu Indonesia Raya.