Aura CMS disini tidak ada kaitannya dengan Aura Kasih, yang populer dengan lagu Mari Bercinta, Jadi tidak ada link downloadnya disini. Aura CMS yang akan kita bicarakan kali kali ini adalah tentang dinamika CMS atau Content Management System di dunia pada umumnya dan di Indonesia pada khususnya. Kalau selama ini anda mengetahui tentang CMS (Content Management System)di dunia ini hanya ada Joomla, Drupal, atau WordPress dan kawan-kawan. Tapi ternyata di Indonesia banyak anak bangsa ini yang kreatif menghasilkan karya dalam pengembangan CMS.

AuraCMS adalah Hasil karya anak bangsa yang merupakan software CMS (Content Managemen System) untuk website yang berbasis PHP4 & MySQL berlisensi GPL (General Public License). Dibuat dan di kembangkan oleh Rumi Ridwan, Iwan Susyanto dan Arif Supriyanto. Diluncurkan pertama kali pada tahun 2003. Kini AuraCMS sudah mengalami perkembangan hingga versi 2.2.2. Dalam perkembangannya Aura CMS banyak mengalami kendala. Pernah situsnya tidak online selama beberapa bulan,permasalahannya yaitu kekurangan dana untuk perpanjangan hosting. Bahkan pernah juga para pemilik AuraCMS ini sempat mengharuskan Para pengguna AuraCMS untuk membayar alias tidak gratis.

Mungkin saking jengkelnya melihat hasil karyanya tidak dihargai oleh orang lain. Hal ini disebabkan banyaknya pengguna AuraCMS yang menghapus nama AuraCMS, dan diganti dengan nama sendiri. Mungkin untuk tujuan agar lebih terlihat lebih keren.
Sebenarnya sah-sah saja bagi para pengguna untuk menghapus dan mengganti dengan nama sendiri. Akan tetapi kita juga perlu menghargai hasil karya orang lain, dengan tetap mencantumkan nama AuraCms dalam setiap website kita. Tidak mudah menghasilkan sebuah karya. Jadi saran saya jika anda sebagai pengguna AuraCMS tetap cantumkan nama AuraCMS di website anda. Hal ini berlaku juga jika anda menggunakan template AuraCMS.