RObert T. Kiyosaki dalam bukunya Rich Dad Poor Dad mengatakan bahwa aset adalah sesuatu yang akan menjadi sumber pendapatan, dan bukan sumber pengeluaran. Rumah sewaanadalah asset, saham juga asset, dsb. Sedangkan Di femina-online menjelaskan bahwa aset adalah sesuatu yang menghasilkan pemasukan uang kepada pemilinya. Ada juga di yahoo answer, rekan kita ada yang mengatakan bahwa aset=apa yang kamu punya. Saya setuju dengan beberapa uraian di atas, dan ingin menambahkan, bahwa aset adalah sesuatu yang selalu bisa menghasilkan uang meskipun kita sedang tidur. Atau anda mempunyai sesuatu yang terus meningkat nilai ekonominya.

Saya bukan penggemar Robert t. kiyosaki, tapi pernah membaca beberapa bukunya, salah satunya adalah cashflow quadrant.

Robert membagi tipe pekerjaan menjadi empat kuadran dengan dua sisi, yaitu sisi kiri dan sisi kanan.

  • Employee (Karyawan) Contohnya ; Karyawan swasta, PNS,
  • Self Employee (Bekerja untuk diri sendiri) contohnya : Dokter, Spesialis, Blogger.
  • Business Owner (Pemilik Bisnis) contohnya :Pemilik franchise, Pemilik Supermarket, Blogger dsb.
  • Investor ( Uang bekerja untuk kita) contohnya :

Memang di buku cashflow quadrant tidak tercantum pekerjaan sebagai blogger tidak termasuk ke dalam dua kategori diatas. Ini adalah pemahaman saya ketika menyaksikan banyak para blogger yang mempunyai penghasilan yang tidak bisa di anggap remeh.

Blogger sebagai Self Employee.

Ya seorang blogger bisa menjadi self employee, misalnya jika dia menulis artikel di blognya atau di blog orang lain dengan menggunakan sistem pay perpost, yaitu kita di bayar setiap melakukan posting diblog kita atau blog orang lain. Sebagai contoh, misalnya anda terpilih di blognya Mas Budi Putra sebagai Guest Blogger yang dibayar perpost. Anda akan di bayar berdasarkan postingan anda.

Blogger sebagai Business Owner

Ya, sebuah blog bisa menjadi mesin uang bagi anda, yang akan terus menerus menghasilkan rupiah bahkan dollar ke rekening anda. Bahkan sebuah blog mirip sebuah toko, waralaba atau supermarket yang selalu menghasilkan uang. Kok bisa. Ibarat sebuah toko, pemilik blog akan mengerahkan segala tenaga agar blognya bisa dikunjungi oleh banyak pengunjung setiap harinya. Bagaimana blog inimenghasilkan uang, apakah dia menjual nasi, kelontong atau buku. Ya, lebih dari itu blog bisa menjual apa saja di dunia ini,termasuk jual harga diri he..he.
Caranya bagaimana untuk bisa menjadikan blog sebagai toko, bahkan supermarket yang akan menghasilkan uang bagi anda meskipun anda sedang jalan-jalan ke luar desa atau tidur sekalipun. Cukup daftarkan blog anda di program kerjasama periklanan seperti adsense, bidvertiser, kumpulblogger atau kliksaya. Merekalah yang akan menyediakan stoknya. Contoh orang yang sudah mempunyai supermarket di blognya bisa anda baca di sini.

Bagaimana tertarik mempunyai supermarket dari blog?