Saat ini, saya baru saja berhasil menginstall wordpress. Saya menginstall dari wordpress.org. Sebenarnya pada awalnya saya bingung membedakan wordpress.org dan wordpress.com. Setahu saya WordPress ya hanya wordpress.com saja. Buat account, posting jadilah blog kita. Tapi jangan salah, dulu waktu lihat blog-blog dengan domain sendiri menggunakan wordpress, saya bingung mencari tahu bagaimana caranya bisa seperti mereka-mereka itu. Saya tambah bingung pada saat melihat themes para blogger dengan layanan wordpress, semuanya bervariasi, padahal di wordpress.com settingnya hanya beberapa saja. Sampai akhirnya saya ketemu sama artikelnya Mbak Rivermaya dengan judul Cara Instal WordPress dari WordPress.org.

Menurut saya perbedaan antar wordpress.com dan wordpress.org secara mudah adalah :

WordPress.com

WordPress.org

  • Kalau anda menggunakan layanan ini, anda harus menyediakan uang untuk membeli hosting dan domain.
  • Kalau ini kurang lebih sama dengan CMS, seperti AuraCMS, EndonesiaCMS, Drupal, Joomla, dan CMS yang lain .
  • Proses pembuatannya sedikit lebih lama.

Nah mungkin itu dulu perbedaannya. Oh ya ini blog yang baru saja saya rilis.