Kecanggihan teknologi saat ini, sungguh dahsyat, termasuk dalam pemetaan. Kalau dulu kita ingin memetakan sesuatu, kita membutuhkan daun lontar (sandiwara radio), kini pemetaan sudah demikian canggihnya. Kalau anda akrab dengan internet, tentu sudah tidak asing dengan Wikimapia.

Menurut wikipedia, WikiMapia adalah sebuah sumber daya peta online yang mengkombinasikan antara Google Maps dengan sistem wiki, memungkinkan pengguna untuk menambahkan informasi (dalam bentuk catatan) pada lokasi manapun di bumi. Dibuat oleh AlexandreKoriakine dan EvgeniySaveliev, proyek ini diluncurkan pada tanggal 24 Mei 2006, dengan tujuan”mendeskripsikan seluruh planetbumi”.

Langkah-langkah menggunakan wikimapia sebagai sistem Informasi Geografis sangat mudah, tinggal ikuti langkah-langkah ini. Atau ikuti petunjuk ini. Mudah kan?

Jadi saat ini Indonesia, sudah dalam cengkraman wikimapia, meskipun hanya melalui peta semacam wikimapia. Kira-kira antisipasi TNI kita bagaimana ya. Markas Kostrad saja bisa dimonitor melalui wikimapia.

Lalu Menwa UMS ada tidak di wikimapia ini. Penasaran? misalnya ingin tahu mako Menwa kita ini, klik disini . Tampilan wikimapia tampak seperti contoh di bawah ini.

y=-7559004&ampx=110768843&ampz=18&ampl=0&ampm=a” width=”125″ height=”125″</span> frameborder=”0″>