Awal mulanya, AuraCMS itu berasal dari ide yang tercetus saat ingin membuat website dengan konten dinamis.

Pada saat itu muncul ide untuk membuat kumpulan script PHP yang terintegrasi. Dan kemudian terbuatlah dua buah jenis script PHP tersebut yang satu menggunakan data berupa file text dan yang lainnya menggunakan database MySQL.

Kemudian setelah dicoba ternyata data yang menggunakan database MySQL jauh lebih gampang dan tidak rumit dalam pengelolaannya sehingga yang menggunakan data berupa file text tidak dilanjutkan lagi.

Setelah itu script yang menggunakan database MySQL tadi diberi nama “aura” dan karena merupakan software Content Management System maka nama lengkapnya “AuraCMS”.

Bekerjasama dengan Kioss Project versi pertama diluncurkan pada pertengahan tahun 2003. Kemudian disusul dengan versi versi berikutnya dan sempat “mandeg” beberapa waktu pada versi 1.3&1.4.
Dan pada saat versi 1.5 terbit mulai banyak yang menyumbang modul ataupun modifikasi dan ide-ide baru sehingga terbit versi 1.6 beta sebagai versi percobaan.
Ternyata dilaporkan bahwa pada versi 1.6 beta ini masih ada beberapa bug sehingga pada bulan Juli 2005 diterbitkan versi baru yang tidak beta lagi yaitu versi 1.61 dengan mengeliminasi bug pada versi 1.6 beta dan menambahkan beberapa fitur yang baru