Sebenarnya yang bener adalah Informasi Tata Cara Pencontrengan pemilu 2009 atau cara contreng pemilu 2009 karena pemilu ini kita tidak mencoblos jadi tidak ada petunjuk tata cara pencoblosan atau cara coblos pemilu 2009. Mengapa di lakukan perubahan sistem dari Pencoblosan ke Pencontrengan, mungkin untuk mempermudah dalam proses Pemilihan Umum 2009 ini. KPU yang lebih tau.

Perlu diketahui bahwa anda harus menandai 4 surat suara yang harus di contreng , kecuali Jakarta hanya ada 3 surat suara. Ke empat surat suara itu adalah 1 DPRD Kabupaten, 1 DPRD Provinsi, 1 DPD, 1 DPR RI. Lalu Bagaimanakah Langkah Pencontrengan Pemilu yang akan di laksanakan tanggal 9 April 2009 jam 7 – 12 kali ini, silahkan anda baca petunjuknya di bawah ini :

1. Contoh Surat Suara

2.CARA MEMILIH

YANG BENAR DAN SAH,

contreng 1 kali pada nama calon atau nomor urut calon

Contreng pada lambang atau nama partai.

untuk DPD contreng pada Gambar calon DPD anda.

Cara Yang Salah

Mudah kan, tata cara untuk mencontreng. Jadi silahkan gunakan hak pilih anda sebagai warga negara Indonesia. Jangan Golput, jika alasannya tidak ada yang anda pilih, atau karena tidak ada yang mewakili aspirasi anda. Atau sama sekali tidak menentukan pilihan, masa sih diantara 44 partai yang menjadi peserta pemilu tidak ada yang anda dukung. Lha wong ketika di Amerika Serikat ada pemilihan presiden anda juga ikut ikutan latah mendukung Barack Obama, masak pemilu di Negara Indonesia sendiri anda tidak ikut mensukseskan.Atau mungkin anda merasa sebagai warga Negara Amerika yang mendukung partainya Barack Obama di Amerika Serikat.
Jadi contrenglah salah satu partai yang paling mendekati aspirasi anda, kalau mungkin tidak ada yang cocok, pilih saja partai yang calegnya cakep cakep, yang penting milih. Tapi jangan pilih partai karena di bayar pake duit ya. Selamat berpesta pora, Hiduplah Indonesia Raya, contrenglah, karena mencontreng itu gratis.

DAFTAR PARTAI POLITIK PESERTA
PEMILU 2009


sumber :
http://arief-referee.blogspot.com
http://yuhendrablog.wordpress.com
http://mediacenter.kpu.go.id/poster.html